Sabtu, 03 Maret 2012

Pentingnya Belajar E-Commerce



Pada saat ini bisnis elektronik (e-business) bukan menjadi hal baru lagi bagi masyarakat di Indonesia. Hampir semua kalangan bisa mengakses segala hal yang diinginkan termasuk bertransaksi jual beli lewat jaringan elektronik khususnya jaringan internet. Untuk itulah muncul yang dinamakan dengan E-commerce, apa sebenarnya e-commerce ? E- commerce sebenarnya merupakan bagian dari bisnis elektronik (e-busines). Perdagangan elektronik atau e-commerce (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui ,sistem elektronik seperti internet atau televisi  atau jaringan internet lainnya. E-commerce  dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI) dan lain-lain. (http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik)
Dalam buku Kotler dan Keller dijelaskan mengenai pedoman dalam melakukan electronic marketing dalam dunia bisnis. Beberapa pedoman penting yang diikuti dengan memelopori pemasar elektronik antara lain :
Ø  Berikan pelanggan alasan untuk menanggapi
Ø  Personalisasikan isi we atau email anda
Ø  Tawarkan sesuatu yang tidak bisa didapatkan pelanggan via surat langsung
Ø  Jangan mempersulit pelanggan untuk “berhenti berlangganan”
Pedagang  dalam bisnis elektronik atau biasa disebut bisnis online ini banyak sekali tantangan yang harus dihadapi untuk melakukan perluasan dalam usahanya, hal ini dikarenakan bisnis online merupakan bisnis kepercayaan (trust). Untuk itu perlu adanya komunikasi dengan mengirimkan pertanyaan, saran atau bahkan pengaduan agar konsumen merasa nyaman dan aman dalam bertransaksi di dunia maya. Jadi, semuanya terserah kepada konsumen ingin bertansaksi dengan cara langsung ataukan melalui bisnis online, semuanya pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk lebih jelasnya mengenai e-commerce silahkan kunjungi blog berikut ini : ecomm.lecture.ub.ac.id , nanangsuryadi.lecture.ub.ac.id atau nanangsuryadi.com nanangsuryadi.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar