Pada saat ini bisnis elektronik (e-business)
bukan menjadi hal baru lagi bagi masyarakat di Indonesia. Hampir semua kalangan
bisa mengakses segala hal yang diinginkan termasuk bertransaksi jual beli lewat
jaringan elektronik khususnya jaringan internet. Untuk itulah muncul yang
dinamakan dengan E-commerce, apa sebenarnya e-commerce ? E- commerce sebenarnya
merupakan bagian dari bisnis elektronik (e-busines). Perdagangan elektronik atau e-commerce (bahasa Inggris: Electronic
commerce, juga e-commerce)
adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa
melalui ,sistem elektronik seperti internet atau televisi atau jaringan internet lainnya.
E-commerce dapat melibatkan transfer
dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori
otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Industri teknologi informasi melihat
kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business)
yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara
elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing),
atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online
transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic
data interchange /EDI) dan lain-lain. (http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik)
Dalam buku Kotler dan Keller dijelaskan mengenai pedoman
dalam melakukan electronic marketing dalam dunia bisnis. Beberapa pedoman
penting yang diikuti dengan memelopori pemasar elektronik antara lain :
Ø
Berikan pelanggan alasan
untuk menanggapi
Ø
Personalisasikan isi we
atau email anda
Ø
Tawarkan sesuatu yang tidak
bisa didapatkan pelanggan via surat langsung
Ø
Jangan mempersulit
pelanggan untuk “berhenti berlangganan”
Pedagang dalam bisnis
elektronik atau biasa disebut bisnis online ini banyak sekali tantangan yang
harus dihadapi untuk melakukan perluasan dalam usahanya, hal ini dikarenakan
bisnis online merupakan bisnis kepercayaan (trust). Untuk itu perlu
adanya komunikasi dengan mengirimkan pertanyaan, saran atau bahkan pengaduan
agar konsumen merasa nyaman dan aman dalam bertransaksi di dunia maya. Jadi,
semuanya terserah kepada konsumen ingin bertansaksi dengan cara langsung
ataukan melalui bisnis online, semuanya pasti ada kelebihan dan
kekurangannya masing-masing. Untuk lebih jelasnya mengenai e-commerce silahkan kunjungi blog berikut ini : ecomm.lecture.ub.ac.id , nanangsuryadi.lecture.ub.ac.id atau nanangsuryadi.com nanangsuryadi.web.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar