Selasa, 06 Maret 2012

Perkembangan Teknologi Internet Tahun 2012


Tahun 2012, menurut Menkominfo Tifatul Sembiring, kementeriannya akan mencanangkan program Indonesia Connected, tahun 2014 program Indonesia Informatif, tahun 2016 program Indonesia Broadband, dan tahun 2018 program Indonesia Digital.

Tahun 2012, menurut lembaga survei eMarketer, situs jejaring sosial Twitter akan memiliki banyak iklan yang sekaligus meningkatkan pendapatannya. Prediksi lainnya, meski jumlah pengguna Twitter jauh lebih sedikit dibanding pengguna Facebook, namun ‘jumlah klik’ harga pada Facebook dinilai lebih rendah dibandingkan ‘jumlah klik’ di Twitter.
Berdasarkan data Digital Consumen Nielsen Indonesia, saat ini ada 78% yang memiliki ponsel yang bisa terkoneksi ke internet, dan 38%-nya adalah smartphone. Diprediksi pula bahwa pada pertengahan tahun 2012 nanti penetrasi smartphone akan mencapai 67% sehingga pengakses internet via mobile akan semakin banyak.

Adapun pada tahun 2012 ini, diprediksi perusahaan yang bergerak dalam memperkaya konten lokal di internet diprediksi akan tumbuh secara massif. Rama Mamuaya (founder DailySocial.net), seperti dikutip Kompas.com, mengatakan bahwa kematian Start Up Lokal akan mungkin terjadi di tahun 2012 karena persaingan ketat yang akan terjadi di tahun ini. Dia juga mengatakan setidaknya ada lima sub-bidang yang prospektif dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan Start Up Lokal sehingga menjadi kekuatan perekonomian yang luar biasa bagi Indonesia.
Lima hal tersebut, pertama, Local Mobile Content, yakni konten berbasis mobile phone yang membuat pemilik HP dapat menikmati konten-konten yang bisa diakses dari gadget mereka. Kedua, Location Based, yakni aplikasi internet berbasis lokasi geografis si pengguna sehingga dengan mudah mereka dapat mengetahui lokasi dirinya sedang berada. Ketiga, yang tentunya akan tetap menjadi konten utama yakni Games & Music. Ini merupakan dua tren yang selalu digemari masyarakat sebagai peretas suntuk dan kebosanan. Keempat, User Generated Content, yakni konten yang dapat dikelola secara bersama-sama, dimana seorang pengguna internet dapat saling mengisi konten secara leluasa. Kelima, bisnis travel yang menyediakan layanan informasi seputar pariwisata yang dapat dijadikan rujukan oleh para wisatawan dalam menentukan tempat tujuan wisatanya.


Kelima hal di atas apabila digarap dan dikembangkan secara serius, kreatif dan inovatif oleh para pengusaha yang bergerak di perusahaan internet, tentunya akan menghidupkan kembali persaingan dan lahirnya inovasi-inovasi baru. Sehingga, tak salah jika tahun 2012 ini disebut dengan tahun kebangkitan generasi muda Indonesia. Untuk lebih jelasnya anda juga bisa mengunjungi blog ini.



Sumber :
http://tckertonegoro.ngawiku.com/?p=1354
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=612903137
http://www.mizan.com/index.php?fuseaction=news_det&id=283

Tidak ada komentar:

Posting Komentar