Sabtu, 07 April 2012

Webmaster Guidelines, Google


Artikel ini akan menjelaskan tentang cara-cara yang harus dilakukan untuk membuat suatu website serta bagaimana cara menggunakan search engine optimization (SEO).
Desain dan isi pedoman 

·                     Buatlah situs dengan tingkatan yang jelas dan teks link. Setiap halaman harus dapat dicapai dari setidaknya satu link teks yang sifatnya statis.
·                     Tawarkan peta situs kepada pengguna dengan link yang menunjuk ke bagian penting dari situs anda. Jika peta situs memiliki jumlah sangat besar link, pengguna mungkin ingin memecahkan peta situs menjadi beberapa halaman.
·                     Buat yang berguna, situs yang kaya informasi  dan menulis halaman yang secara jelas dan akurat menjelaskan konten yangdigunakan.
·                     Pikirkan kata pengguna  untuk menemukan halaman anda,  pastikan bahwa situs anda benar-benar termasuk kata-kata di dalamnya.
·                     Cobalah menggunakan teks daripada gambar untuk menampilkan nama, isi, atau link. Crawler Google tidak mengenali teks yang terdapat dalam gambar. Jika Anda harus menggunakan gambar untuk konten tekstual, pertimbangkan untuk menggunakan "ALT" atribut untuk memasukkan beberapa kata dari teks deskriptif.
·                     Pastikan bahwa situs anda <title> elemen dan atribut ALT yang deskriptif dan akurat.
·                     Periksa link yang rusak dan HTML yang benar.
·                     Jika anda menggunakan halaman dinamis, tidak semua mesin pencari akan meng-crawl halaamn tersebut sebaik halaman statis.
·                     Praktek tinjauan terbaik melalui gambar dan video yang direkomendasikan Google.

Petunjuk Teknis
·                     Gunakan browser teks seperti Lynx untuk memeriksa situs anda, karena kebanyakan spider mesin pencari melihat situs anda sebanyak Lynx. Jika fitur penggemar seperti JavaScript, cookies, session IDs, frames, DHTML, atau Flash menghalangi  anda untuk melihat keseluruhan situs di browser teks, maka mesin pencari akan kesulitan meng-crawl situs anda.
·                     Perbolehkan bot pencari untuk meng-crawl situs anda tanpa session Ids atau argumen yang mendeteksi jejaknya melalui situs. Teknik ini berguna untuk mendeteksi perilaku pengguna individual, tetapi pola akses dari bot yang sangat berbeda. Menggunakan teknik ini mengakibatkan ketidaklengkapan dalam mengindkes situs anda, saat bot tidak dapat mengeliminasi URL yang terlihat berbeda walaupun mengarah pada halaman yang sama.
·                     Pastikan web server anda mendukung header HTTP If-Modified-Since. Fitur ini memperbolehkan web server anda untuk memberitahu Google  apakah konten anda telah berubah saat Google terakhir kali meng-crawl situs anda. Menggunakan fitur ini menghemat bandwith dan overhead.
·                     Gunakanlah file robots.txt pada web server anda. File ini memberitahu crawlers, direktori mana yang dapat dan tidak dapat di-crawl. Pastikan file tersebut terkini untuk situs anda agar menghindari ketidaksengajaan memblokir crawler Googlebot. Kunjungi http://code.google.com/web/controlcrawlindex/docs/faq.html untuk mempelajari bagaimana memberi instruksi pada robot saat mereka mengakses situs anda. Anda dapat menguji file robots.txt anda untuk memastikan anda menggunakannya dengan tepat dengan alat analisis robots.txt yang tersedia di Google Webmaster Tools.
·                     Lakukan upaya yang wajar untuk memastikan bahwa iklan tidak mempengaruhi peringkat mesin pencari. Contoh, tautan iklan Google’s AdSense dan DoubleClick terblokir untuk di-crawl oleh file robots.txt.
·                     Jika perusahaan anda membeli sistem manajemen konten, pastikan bahwa sistem tersebut membuat halaman dan tautan yang bisa di-crawl oleh mesin pencari.
·                      Gunakan robots.txt untuk menghindari crawling dari hasil pencarian atau halaman otomatis yang tidak menambah nilai bagi pengguna yang datang dari mesin pencari.
·                     Uji situs anda untuk memastikan tampil secara tepat pada berbagai browser.
·                     Pantau performa situs anda dan optimalkan waktu pemuatan. Sasaran Google adalah menyediakan hasil paling relevan dan pengalaman pengguna yang prima. Situs yang cepat meningkatkan kepuasan pengguna dan meningkatkan kualitas web secara keseluruhan (terutama bagi pengguna internet berkecepatan rendah), dan Google berharap para webmaster meningkatkan situs mereka, sehingga kecepatan web secara keseluruhan akan meningkat.

Prinsip-Prinsip Dasar Pedoman Kualitas

·                     Buat halaman yang ditujukan untuk pengguna, bukan mesin pencari. Jangan mengelabui pengguna anda atau menampilkan konten yang berbeda pada mesin pencari kecuali anda menampilkannya pada pengguna, yang umum dikenal sebagai “cloaking”.
·                     Hindari penggunaan trik yang dimaksudkan untuk mendongkrak peringkat mesin pencari.
·                     Jangan berpartisipasi dalam skema tautan yang dirancang untuk meningkatkan peringkat situs anda atau PageRank. Khususnya, hindari tautan yang menuju pada spammer atau “bad neighborhoods” pada web, karena peringkat anda akan dirugikan oleh tautan tersebut.
·                     Jangan gunakan program komputer yang tidak sah atau ilegal untuk menyampaikan halaman, mengecek peringkat, dll. Seperti program yang mengkonsumsi sumber daya komputasi dan melanggar Terms of Service.

Sumber : Google
Powered by Pak Nanang Suryadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar